Omiyage ~ Kisah Orang Biasa Menaklukkan Tanah Jepang

fuuuiih~ akhirnya selesai baca nih novel..XD
Ini dia salah satu Novel yang juga berlatar belakang di JEPANG. Kali ini mengisahkan tentang Perjalanan seseorang di negeri matahari terbit itu !!! bagi yang suka sama Jepang., hmmm........mungkin perlu baca buku ini... ;)

Tokoh Utama Novel ini adalah si pengarang sendiri, yang bernama Silvia Iskandar. Novel ini menceritakan kisah Silvia yang beruntung mendapatkan Beasiswa kuliah di Jepang setelah lulus SMA, yaitu beasiswa Monbukagakusho atau disingkat Monbusho. Beragam budaya yang sama sekali baru ditemui Silvia selama perjalanannya di Jepang dari pertama masuk kuliah sampai bekerja beberapa tahun di sana. Ceritanya hampir mirip dengan novel Arigatou Nippon! (nama pengarangnya sama-sama ada "Silvia"nya.. hehe...) cuma bedanya kalau Arigatou Nippon menceritakan perjalanan rombongan keluarga/remaja dari indonesia yang berlibur di Jepang, jadi isinya hanya menceritakan berbagai budaya dan tempat wisata yang terkenal di sana.
Sedangkan dalam novel Omiyage, tidak hanya budaya saja yang di jelaskan, tetapi kehidupan orang-orang jepang, tradisinya, pola pikirnya, sifat-sifatnya, pendidikannya, juga etos kerja di sana. Selain itu, di dalam buku ini juga diselipkan beberapa humor/pengalaman lucu yang bisa membuat kita fresh karena banyak tertawa. hehehe......

Ini beberapa komentar tentang pembaca "Omiyage":

Silvia memperhatikan masyarakat Jepang dari dalam sebagai seorang mahasiswa asing dan staff perusahaan farmasi di Jepang. Buku ini adalah autobiografi fiksi mengenai kehidupannya di Jepang. Saya adalah pembimbingnya ketika ia masih berstatus mahasiswa pascasarjana di Waseda University. Buku ini menyegarkan ingatan saya akan masa-masa itu. walaupun ia terlihat bisa beradaptasi dengan kehidupan di Jepang dan tampak riang gembira, ternyata memendam perasaan yang rumit, mengenai mimpinya, harapannya, kekecewaannya dan juga kekhawatirannya akan masa depan. (Takashi Funatsu - Profesor Graduate School of Paramaceutical Sciences, The University of Tokyo, Japan)
Buku ini "a must read". Cerita dikemas dengan menarik bahkan banyak informasi yang detail mengenai Jepang dan kebudayaannya yang tidak akan ditemui di Tour Guide/buku umum mengenai Jepang (life style, study life, dll). Mau tahu kehidupan Jepang yang sebenarnya sekaligus menaklukkannya? Learn from this book....:) (Jimmy Lawrence - mantan mahasiswa di Jepang)

Bagaimana? tertarik untuk membacanya?? Yah...walau memang ini bukan buku baru, tapi ternyata ceritanya sangat menarik. Terutama bagi para pecinta Jepang. Sebelum pergi ke sana, sebaiknya kita perlu mengenal Jepang terlebih dahulu, salah satunya melalui buku ini. hehehe.....:D

0 comments